IMG-LOGO
Home Berita Erupsi Gunung Ile Wolotolok

Erupsi Gunung Ile Wolotolok

- 30 Juni 2021

Gunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, kembali meletus pada hari ini, Sabtu (5/12/2020). Berdasarkan catatan Pos Pengamatan Gunung Ile Lewotolok, pada hari ini telah terjadi 3 kali erupsi. Erupsi pertama, terjadi sekitar 02.29 Wita. Pada erupsi pertama, tinggi kolom abu mencapai 500 meter di atas puncak atau kurang lebih 1.923 di atas permukaan laut.

Erupsi disertai dengan lava pijar dan gemuruh. Kolom abu termatai berwarna kelabu dengan intensitas di atas permukaan laut. Erupsi kedua terjadi pukul 05.49 Wita. Letusan ini menimbulkan kolom abu kelabu dengan intensintas tebal condong ke arah barat dan terekam di seismogram dengan amplitudo 12 milimeter. Letusan ketiga terjadi sekitar 06.49 WIta dengan ketinggian abu teramati 1.000 meter di atas puncak atau 2.423 meter di atas pemukaan laut. Kolom abu teramati kelabu dengan intensitas tebal condong ke barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 13 milimeter.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Ile Lewotolok, Anselmus Bobyson Lamanepa, mengatakan saat ini gunung tersebut masih ada di level III (siaga). “Diimbau kepada warga sekitar gunung, pengunjung, pendaki, dan wisatawan, agar tidak boleh beraktivitas dalam zona perkiraan bahaya dalam area kawah Gunung Ile Lewotolok dan seluruh area dalam radius 4 kilometer dari puncak,” tegas Anselmus dalam rilis tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu sore.