IMG-LOGO
Home Berita Dalam Upaya Cegah Zero Victim BMKG Luncurkan EWS Radio Broadcaster

Dalam Upaya Cegah Zero Victim BMKG Luncurkan EWS Radio Broadcaster

Relawan - 14 Oktober 2021

Pada Selasa, 12 Oktober 2021 Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kupang melakukan uji coba sekalian peluncuran peringatan dini gempa bumi dan tsunami menggunakan radio broadcaster yang merupakan inovasi moda diseminasi berbasis suara guna mengantisipasi kerusakan jaringan komunikasi selular pasca gempa. Sistem ini memanfaatkan jaringan komunikasi berbasis radio sebagai media menyebarkan informasi secara cepat, akurat serta ramah terhadap kelompok masyarakat rentan yang memiliki keterbatasan menelaah pesan berbasis teks.

Bertempat di Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (PUSDALOPS-PB) BPBD Provinsi NTT yang terletak di Kelurahan Lasiana, bersama Teknisi BMKG melakukan uji coba radio band VHF yang dikoneksikan dengan EWS Broadcaster BMKG.


Harapannya, keberadaan EWS Broadcaster ini dapat meminimalisir jumlah korban jiwa akibat gempa bumi dan tsunami. Penggunaan teknologi digital yang terkoneksi satu sama lain akan meningkatkan efektivitas sistem perinatan dini, karena dapat menghindarkan terputusnya rantai alur informasi perinagatan dini dari BMKG kepada masyarakat.


Kepala Pelaksana BPBD Provinsi NTT berterima kasih dalam kerja sama ini karena BMKG berkomitmen untuk terus melakukan lompatan-lompatan inovasi guna meminimalisir korban jiwa yang diakibatkan gempa bumi dan tsunami di Provinsi NTT.

Tags: