IMG-LOGO
Home Berita BPBD KABUPATEN MANGGARAI BARAT SIAP AKTIVASI PUSDALOPS-PB

BPBD KABUPATEN MANGGARAI BARAT SIAP AKTIVASI PUSDALOPS-PB

Pusdalops-PB Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi NTT didukung SIAP SIAGA melakukan kunjungan  dalam rangka kegiatan pelatihan dan pendampingan DIM Tematik dan Persiapan Aktivitasi Pusdalops-PB pada BPBD Kabupaten Manggarai Barat. Pelaksanaan kegiatan teknis tersebut berlangsung selama empat hari, yaitu dari tanggal 21-26 Oktober 2021 di depan halaman kantor Jalan Frans Nala.


Selain untuk mendukung aktivasi Pusdalops, hal lain yang dilakukan adalah melakukan pelatihan teknis dalam rangka meningkatkan kapasitas sumber daya bagi staf pengelola Pusdalops BPBD Kab. Manggarai Barat. Sebanyak 13 peserta ikut dalam pelatihan ini. Adapun materi yang dibawakan antara lain tentang Aplikasi Integrasi Data Informasi Manajemen Website bbpd.nttprov.go.id yang meliputi informasi bencana BPBD Provinsi dan Kabupaten/Kota, menginput data kejadian bencana, data korban dan pelaporan sesuai standar. Disampaikan juga meteri terkait pengisian logbook, laporan situasi harian dan laporan mingguan. Pada  pendampingan hari ke-4 semua peserta diberi kesempatan untuk memaparkan materi yang telah didapatkan selama kegiatan dengan tujuan memperdalam dan memastikan materi terserap dengan baik.

Ada hal yang menarik dalam pelatihan teknis kali ini pelaksanaan pelatihan dilakukan dibawah sebuah tenda yang telah dilengkapi dengan tempat duduk dan meja, layaknya dilakukan dialam terbuka. Dengan suhu udara yang terasa panas, hal itu tidak mengurangi semangat para peserta selama mengikuti kegiatan berlangsung. Tampak peserta pelatihan begitu antusias dan aktif dalam mengikuti pelatihan teknis tersebut, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu memakai masker dan menjaga jarak.

Harapannya Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Manggarai Barat dapat mengoptimalkan operasional dan peran Pusdalops sebagai sumber data dan informasi kebencanaan di Kabupaten Manggarai Barat(DM)