Pencarian

Uraian Tugas

  • PDF
  • Print
  • E-mail
Article Index
Uraian Tugas
Hal 2 - Uraian Tugas ...
All Pages

Pejabat struktural pada lingkup Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur memiliki uraian tugas seperti yang telah ditetapkan dalam Peraturan Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur Nomor 17 Tahun 2009 Tentang Uraian Tugas Jabatan Struktural Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur.


Uraian Tugas Kepala Pelaksana Badan

  1. Menyusun Rencana Strategis (RENSTRA) badan Penanggulangan Bencana Daerah Berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah daerah (RPJMD) Provinsi dan kebijakan Gubernur serta masukkan dari komponen masyarakat untuk meningkatkan pelayanan penyelenggaraan pemerintahan;
  2. Menyusun Rencana Kinerja Tahunan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur berdasarkan Rencana Strategis (RENSTRA) badan serta masukkan dari komponen masyarakat untuk digunakan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  3. Melakukan koordinasi dengan satuan dengan satuan kerja perangkat daerah, instansi vertikal yang berada di daerah,lembaga usaha dan / ataupihak lain dalam bentuk penyusunanperencanaan penanggulangan bencana ,pembuatan prosedur tanggap darurat bencana serta pembuatan peta rawan bencana pada tahap pra bencana, tanggap darurat serta pasca bencana guna keterpaduan pelaksanaan tugas;
  4. Mengkoordinasikan dan mengkomandokan pengarahan sumber daya manusia,peralatan,logistik dari satuan kerja perangkat daerah, instansi vertikal yang berada di daerah,lembaga usaha dan /atau pihak lain yang diperlukan dalam rangka penanganan daruat bencana;
  5. Melaksanakan pengendalian penanggulangan bencana secara terkoordinasi dan terintegrasi dengan satuan kerja perangkat daerah dan instansi vertikal yang berada di daerah dengan memperhatikan kebijakan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  6. Mengusulkan kepada Gubernur untuk mengangkat seorang komandan penanganan darurat bencana;
  7. Mengkoordinasikan penetuan status keadaan darurat bencana pada saat tanggap darurat untuk memudahkan akses pengerahan sumber daya manusia, peralatan,logistik dll;
  8. Melakukan pembinaan teknis penyelenggaraan penanggulangan bencana pada kabupaten/kota agar terciptanya keterpaduan;
  9. Melakukan pengawasan terhadap penyelengaraan penanggulangan bencana dimasing-masing daerah agar tercapainya sasaran kinerja penanggulangan bencana;
  10. Mengkoordinir penyusunan laporan penyelenggaraan penanggulangan bencana yang meliputi laporan situasi kejadian bencana, laporan bulanan kejadian bencana dan laporan menyeluruh penyelenggaraan penanggulangan bencana;
  11. Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Badan Pelaksana Penanggulangan Bencana baik diminta atau tidak diminta dalam rangka pengambilan keputusan untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penanggulangan bencana;
  12. Menyusun dan menetapkan laporan AKIP, Penyelenggaraan pemerintahan, keterangan pertanggungjawaban, pengawasan melekat, budaya kerja, bulanan,triwulan,tahunan dan laporan tugas pokok lainnya pada Badan berdasarkan sumber data dan kegiatan yang telah dilakukan untuk dipergunakan sebagai bahan masukkan atasan;
  13. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsi agar tercipta kelancaran dalam pelaksanaan tugas.


Uraian Tugas Sekretaris

  1. Merencanakan langkah-langkah operasional Sekretariat berdasarkan rencana kerja Badan dan kegiatan tahun sebelumnya serta sumber data yang ada agar tersedia perencanaan yang partisipatif dan akomodatif;
  2. Membagi tugas,memberi petunjuk dan menyelia hasil pelaksana tugas bawahan agar tercapai efektivitas pelaksanaan tugas;
  3. Mengkordinasikan,sinkronisasi dan integrasi program perencanaan dan perumusan kebijakan berdasarkan masukkan data dari bidang di lingkungan badan agar tersedia program kerja yang partisipatif;
  4. Membina dan memberikan pelayanan administrasi ketatausahan, kepegawaian, hukum dan peraturan perundang-undangan, organisasi, tatalaksana, peningkatan kapasitas sumberdaya manusia, keuangan,perlengkapan dan rumah tangga serta melaksanakan hubungan hubungan masyarakat dan protokol agar terwujudnya pelayanan yang cepat, tepat dan lancar;
  5. Mengkoordinasikan penyediaan dana penanggulangan bencana dalam APBD secara memadai untuk penyelenggaraan penanggulangan bencana pada tahap prabencana, tanggap darurat dan pasca bencana;
  6. Memfasilitasi pelaksanaan tugas dan fungsi unsur pengarah penanggulangan bencana meliputi pemantauan dan evaluasi dalam penyelenggaraan  penanggulangan bencana;
  7. Mengumpul data dan informasi kebencanaan ditingkat provinsi untuk perumusan kebijakan;
  8. Mengkoordinasikan penyusunan laporan penanggulangan bencana, laporan pengawasan melekat, budaya kerja, LKPJ, LPPD, AKIP, Kinerja Badan, kinerja keuangan dan pelaporan kinerja lainnya untuk bahan pertanggungjawaban;
  9. Melaporkan secara bulanan,triwulan dan tahunan serta hasil pelaksanaan tugas kedinasan lainnya sesuai dengan sumber data yang ada dan berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan agar dipergunakan sebagai bahan masukkan atasan;
  10. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas secara bulanan, triwulan, tahunan dan laporan tugas kedinasan lainnya berdasarkan sumber data dan kegiatan yang telah dilakukan untuk dipergunakan sebagai bahan masukan atasan;
  11. Melaksanakan tugas kedianasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsi untuk kelancaran pelaksanaan tugas.



Uraian Tugas Kepala Sub bagian Program, Data dan Evaluasi

  1. Menyusun rencana kegiatan Sub bagian Program,Data dan Evaluasi berdasarkan langkah-langkah operasional Kesekretariatan dan hasil evaluasi tahun sebelumnya agar tercipta kelancaran dan ketepatan pelaksanaan tugas ;
  2. Membagi tugas, memberi petunjuk dan memeriksa hasil kerja bawahan agar tercapai efektivitas pelaksanaan tugas ;
  3. Mengatur pelaksanaan kegiatan penyiapan bahan penyusunan dan penjabaran program agar tersusunnya program dan kegiatan yang akomodatif;
  4. Melakukan pengumpulan, pengolahan dan mengidentifikasi data berdasarkan masukkan dari masing-masing bidang untuk penyusunan database dan statistik badan;
  5. Memeberikan layanan informasi/humas dan protokol kepada masyarkat/pihak terkait secara transparan dan akurat untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  6. Melakukan penyusunan laporan penanggulangan bencana,pengawasan melekat, budaya kerja dan laporan kinerja baik AKIP,LKPJ,LPPD dan laporan kinerja dinas sebagai bahan pertanggungjawaban dan masukkan bagi atasan;
  7. Melakukan konsultasi pelaksanaan kegiatan dengan unit/instansi atau lembaga terkait untuk mendapatkan masukkan dalam kelancaran pelaksanaan tugas;
  8. Membuat laporan bulanan,triwulan dan tahunan serta pelaksanaan tugas kedinasan lainnya sesuai dengan sumber data yang ada dan berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan agar dipergunakan sebagai bahan masukkan atasan ;
  9. Melakukan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis dan fungsinya untuk kelancaran pelaksanaan tugas.


Uraian Tugas Sub Bagian Keuangan

  1. Menyusun rencan kerja Sub Bagian Keuangan berdasarkan langkah-langkah operasional Kesekretariatan dan hasil evaluasi tahun sebelumnya agar tercipta kelancaran dan ketepatan pelaksanaan tugas;
  2. Membagi tugas, memberi petunjuk dan memeriksa hasil kerja bawahan agar tercapai efektivitas pelaksanaan tugas;
  3. Menyusun dan/atau mengoreksi rencana anggaran pendapatan dan belanja badan agar terwujud pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel;
  4. Meneliti dan mengkaji anggaran penerimaan dan pendapatan sesuai rencana strategis Badan agar terwujud pencapaian penerimaan sesuai target;
  5. Mengontrol penyusunan laporan keuangan setiap bulan dan tahunan agar tersedia data pertanggungjawaban keuangan yang akurat;
  6. Memverifikasi anggaran penerimaan dan pengeluaran dinas sesuai dengan data keuangan yang ada agar terwujud pengelolaan keuangan keuangan yang akuntabel;
  7. Melakukan konsultasi pelaksanaan kegiatan dengan unit/instansi atau lembaga terkait untuk mendapatkan masukkan dalam kelancaran pelaksanaan tugas;
  8. Membuat laporan pelaksanaan kegiatan bulanan,triwulan dan tahunan serta pelaksanaan tugas kedinasan lainya berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan untk digunakan sebagai bahan masukkan atasan;
  9. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya untuk kelancaran pelaksanaan tugas.


Uraian Tugas Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Umum


  1. Menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Kepegawaian dan Umum berdasarkan langkah-langkah operasional Kesekretarian dan hasil evaluasi tahun sebelumnya agar tercipta kelancaran dan ketepatan pelaksanaan tugas;
  2. Membagi tugas, memberi petunjuk dan memeriksa hasil kerja bawahan agar tercapai efektivitas pelaksanaan tugas ;  
  3. Mengontrol pengumpulan dan pelaporan data dalam rangka penyusunan DUK,pengusulan Karpeg, Karis/Karsu ,Askes,Taspen dan Bapertarum agar tersedia data usulan yang valid;
  4. Menyusun dan /atau mengoreksi bahan usul kenaikkan pangkat dan kenaikkan gaji berkala pegawai sesuai periode yang telah ditetapkan agar kenaikkan pangkat dan gaji berkala dilakukan tepat waktu;
  5. Mengontrol dan merekapitulasi daftar hadir pegawai sesuai data absensi harian agar tersedia data bagi pembinaan dan disiplin pegawai;
  6. Melakukan penyusunan dan pengusulan kebutuhan diklat pegawai baik diklat struktural, teknis maupun fungsional agar pengusulan tepat waktu dan dijadikan sebagai data masukkan kebutuhan diklat lebih lanjut ;
  7. Melaksanakan kegiatan pengelolaan naskah dinas yang masuk dan keluar agar terarah dan terkendali;
  8. Melaksanakan pengelolaan dan layanan perpustakan Badan sesuai ketentuan untuk pemenuhan kebutuhan PNS dan pihak terkait terhadap bahan pustaka dinas;
  9. Melaksanakan kegiatan urusan rumah tangga dalam menata maupun membersihkan ruangan agar terasa nyaman dalam melaksanakan tugas;
  10. Mengatur dan melaksanakan kegiatan pengamanan kantor pada jam dinas maupun diluar jam dinas agar terjamin keamanan sarana dan prasarana gedung kantor;
  11. Melaksanakan pengelolaan perlengkapan kantor untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas;
  12. Melakukan konsultasi pelaksanaan tugas dengan unit/ instansi atau lembaga terkait untuk mendapatkan masukan dalam kelancaran pelaksanaan tugas;
  13. Membuat laporan waskat,budaya kerja,bulanan,triwulan dan tahunan serta pelaksanaan tugas kedinasan lainnya berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan dan sesuai dengan sunber data yang ada agar dipergunakan sebagai bahan masukan atasan;
  14. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya untuk kelnacaran pelaksanaan tugas.


Uraian Tugas Kepala Bidang Pencegahan dan  Kesiapsiagaan


  1. Merencanakan langkah-langkah operasional Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan berdasarkan rencana kerja Badan dan kegiatan tahun sebelumnya dan sumber data yang ada untuk digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan;
  2. Membagi tugas,memberi petunjuk,memeriksa hasil kerja bawahan dan menyelia pelaksanaan tugas bawahan agar tercapai efektivitas pelaksanaan tugas ;
  3. Menyusun kebijakan di bidang pencegahan, mitigasi dan kesiapsiagaan pada prabencana, untuk pedoman penanggulangan bencana;  
  4. Mengkoordinasikan dan melaksankan kebijakan pencegahan penanggulangan bencana meliputi identifikasi,pemantauan, dan pengenalan terhadap sumber bahaya atau ancaman bahaya untuk mengurangi dan menghilangkan resiko bahaya;
  5. Melaksanakan pemberdayaan masyarakat dalam rangka pencegahan, mitigasi dan kesiapsiagaan pada tahap bencana;
  6. Melaksanakan hubungan kerja dengan instansi dan lembaga terkait dalam rangka pencegahan, mitigasi dan kesiap-siagaan pada prabencana;
  7. Menyusun persyaratan standar teknis penanggulangan bencana berdasarkan pedoman yang telah ditetapkan untuk pedoman penanggulangan bencana;
  8. Melaksanakan pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kesadaran, kepedulian, kemapuan dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana;
  9. Memantau,mengevaluasi dan analisis laporan tentang pelaksanaan kebijakan di bidang pencegahan,mitigasi kesiapsiagaan pada prabencana;
  10. Melaporkan hasil pencegahan dan kesiapsiagaan penaggulangan secara bulanan,triwulan dan tahunan serta hasil pelaksanaan tugas kedinasan lainnya berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan untuk dipergunakan sebagai bahan masukan atasan;
  11. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya agar tercapai kelancaran dalam pelaksanaan tugas.




Last Updated on Tuesday, 30 November 2010 08:06